Pages

Minggu, 02 Februari 2014

Not Easy to Be a Leader and No Mistakes to Learn.

         


          Ada yang tidak pernah sekalipun ingin mencoba untuk menjadi pemimpin. Setiap orang punya alasan dan persepsi sendiri dalam dunia kepemimpinan. Memimpin bukanlah menjadi orang yang senantiasa menyuruh dan memerintah orang di bawahnya, tapi mengarahkan seluruh saudara yang ada dalam ranah
kepemimpinannya untuk maju terus demi mencapai suatu tujuan dengan berbagai macam cara dan pendekatan sesuai kondisi lapangan dan anggota.
          Dalam islam, kepemimpinan adalah sebuah hal yang mulia jika dijalankan dengan niat yang baik. Bahkan kepemimpinan dapat membantu kita untuk memikirkan orang lain. Sebab dalam hadits juga dikatakan "Barangsiapa yang terbangun di pagi hari kemudian dia tidak memikirkan umatku., maka dia bukan termasuk umatku" (al-Hadits). Memiliki sebuah kepedulian adalah salah satu keistimewaan islam. Islam adalah agama yang sempurna. Setiap yang terbaik itu ada dalam islam. 
          Banyak sosok pemimpin yang pernah lahir di dunia ini yang patut menjadi contoh. Seperti seorang Soekarno yang dengan berani telah memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia, Nelson Mandela yang memperjuangkan Nasib orang kulit hitam yang kemudian terpilih sebagai presiden Afrika Selatan yang berpengaruh, Abraham Lincoln yang memiliki perjalanan panjang dalam karir politiknya berawal dari gagal nya terpilih dari setingkat DPRD tingkat II namun semangatnya tetap menyala walaupun banyak kali kalah dalam pemilu dan pada akhirnya dia menang sebagai Presiden Amerika yang berpengaruh. Namun bagaimanapun juga kita sebagai umat islam memiliki seorang pemimpin yang terbaik hingga akhir zaman nanti yaitu Baginda Rasulullah Muhammad. SAW. Beliau adalah pemimpin yang sempurna dan menjadi panutan bagi seluruh umat manusia hingga akhir zaman.
          Pada zaman sekarang sebagian besar untuk memilih pemimpin adalah dengan memilih langsung atau diberi nama Demokrasi. Demokrasi meskipun tidak pernah di ajarkan oleh islam namun sampai sekarang eksistensinya tetap mantap. Beberapa organisasi ada yang masih menentang sistem dari demokrasi tersebut karena di nilai demokrasi ini akan menimbulkan perpecahan bangsa. Meskipun dengan eksistensi yang tetap berkibar di negara ini dalam hal demokrasi meskipun argumen demi argumen telah banyak yang mematahkan kekurangan dari demokrasi tetapi masih tetap bertahan dalam negara ini untuk menggunakan demokrasi yang awalnya diajarkan dan dibawa oleh bangsa barat.
          Sebenarnya untuk semua hal yang hebat dalam kepemimpinan semuanya butuh proses dan tidak akan jadi dalam satu malam. Ada beberapa hal pokok yang akan membuat seorang pemimpin itu tetap menjadi pemimpin meskipun tidak sedang pemimpin. Beberapa yang mesti di miliki adalah Keberanian dan Kejujuran. Jika seorang pemimpin menjalankan kepemimpinannya dengan kejujuran dan niat tulus ingin membawa kebaikan bersama maka dia akan tetap berani. Setiap hal yang dilakukan dengan prinsip yang kuat tidak akan mengurangi kepercayaan diri dari seorang pemimpin. 
         Lakukanlah apa yang terbaik dalam diri sendiri, kita tidak akan langsung menjadi yang terbaik dalam hal memimpin. Namun niatkanlah dengan kuat bahwa semua yang baik itu perlu proses dan jangan pernah berpikir hidup itu akan selalu mudah, ketakutan dan kekhawatiran tidak akan pernah hilang dalam kehidupan ini. Kita persiapkan mental yang kuat bahwa semua solusi akan diberikan oleh ALLAH tuhan semesta alam. Mari kita tetap memberikan yang terbaik, jika ada salah mari kita bersama membantu untuk membetulkannya dan jika ada hal menurut orang banyak adalah hal yang luar biasa dari hasil kepemimipinan kita menurut orang lain maka mari sama-sama bersyukur secepatnya. Karena jika kita dipandang baik di mata manusia berarti ALLAH SWT sedang menutup kekurangan kita. Kita terlahir di dunia ini tidak memiliki kepandaian apa-apa dan masih kosong, ibarat kertas kosong. Tetap berpikir positif dan mari kita saling mendukung untuk menjadi yang terbaik. Berpikir positif memang tidak akan membuat kita menjadi orang yang paling kaya di dunia, tetapi dengan berpikir positif akan dapat membuat kita menjadi orang paling bahagia di DUNIA.          

0 comments:

Posting Komentar